Posted on

Tugas Pendahuluan Kelompok 11

Modul 1 Individu

  1. 1.      Microsoft Visual Basic (VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Perkembangan visual basic

Visual Basic 1.0 dikenalkan pada tahun 1991. Konsep pemrograman dengan metode drag-and-drop untuk membuat tampilan aplikasi Visual Basic ini diadaptasi dari prototype generator form yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya, dengan nama Tripod. Microsoft kemudian mengontrak Cooper dan perusahaannya untuk mengembangkan Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram untuk Windows 3.0, di bawah kode nama Ruby.

Tripod tidak memiliki bahasa pemrograman sama sekali. Ini menyebabkan Microsoft memutuskan untuk mengkombinasikan Ruby dengan bahasa pemrograman Basic untuk membuat Visual Basic.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic)

  1. 2.      Macam Macam Bahasa pemrograman beserta kelebihan dan kekurangannya adalah:
  • Visual Basic

Kelebihan:

Perintah-perintah dalam bahasa VB juga sangat komplit dan di VB kita bisa dengan mudah membuat sebuah program tanpa harus mengetik bahasa program lagi, tetapi cukup mendesign interface/tampilan program dengan VB Editor yang terlah tersedia. Yang paling menarik dari VB terutama adalah tersedianya fasilitas ActiveX.ActiveX merupakan program/fasilitas tambahan yang bisa kita masukan/load ke dalam VB sehingga fasilitas dan kemampuan VB bisa terus meningkat.Selai itu bila kita ingin membuat tombol, lainnya Anda harus membuat code yang panjang hanya untuk membuat tombol saja.Selain itu source code, ocx VB dapat diperoleh di internet sangat banyak.

Kekurangan:

Didalam kelebihan pastinya sebuah software memiliki kelemahan, VB memiliki kelemahan yaitu VB tidak memiliki database sendiri dan biasanya VB mengunakan database seperti : mysql,sql server, microsoft access. Selain tidak memiliki database sendiri VB tidak punya pendukung untuk membuat report dari bawaan VB sendiri, tetapi vb menggandeng sebuah software lain contohnya crystal report ataupun Microsoft access untuk membangun sebuah laporan.

 

  • JAVA

Kelebihan:

– Sederhana dan Ampuh
Kita dapat belajar membuat program dengan Java secara cepat jika telah memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek yaitu hanya perlu mengerti beberapa konsep untuk dapat menulis program yang memuaskan. Java tidak memiliki hal-hal yang mengejutkan dan aneh. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang menawarkan puluhan cara untuk melakukan satu pekerjan, tetapi semua itu dibutuhkan ketelitian dan tingkat kerumitan yang tinggi.

– Aman
Kebanyakan masalah keamanan terutama aplikasi jaringan internet yang dihasilkan dari sistem lama terjadi karena sistem tidak dirancang dengan konsep keamanan Internet. Salah satu prinsip kunci perancangan Java adalah keselamatan dan keamanan.Java tidak pernah memiliki fasilitas dan keamanan yang tidak aman sampai perlu ditangani secara khusus untuk pengamanannya. Oleh karena itu, program Java tidak dapat memanggil fungsi-fungsi global dan memperoleh akses ke berbagai sumber dalam sistem karena terdapat sejumlah pengawasan yang dilakukan oleh program Java yang tidak dapat dilakukan oleh sistem lain.

-Berorientasi Objek
Java tidak diturunkan bahasa pemrograman manapun, juga sama sekali tidak kompatibel dengan semuanya. Hal ini dikarenakan adanya kebebasan dalam rancangan maka dipilih pendekatan yang jelas berguna, dan pragmatis. Modul objek Java adalah sederhana dan mudah dikembangkan namun sejalan dengan itu, bilangan dan tipe data sederhana lain dianggap sebagai non objek berkinerja tinggi. Kebanyakan sistem berorientasi objek lain memilih hirarki objek yang kaku dan susah diatur atau memilih menggunakan model objek dinamik yang tidak memiliki kinerja tinggi dan kelengkapan .Java sekali lagi memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan. Memahami gayapemrograman berorientasi objek sangat penting dan membantu mempelajari bagaimana membuat program dengan Java.

Kekurangan:

-Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
– Implementasi J2ME tidak global. Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia.Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
– Java memakan banyak memori computer
– Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari
– Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat dibanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.

  • C atau C++

Kelebihan :C++ itu kan pada dasarnya bahasa C juga,kemampuan C yang utama itu adalah seperti :
-mampu mengakses komponen hardware komputer dengan syntax yang lebih manusiawi dibanding Assembly bahasa Standard-nya.
-ANSI bisa dipakai diberbagai platform
– kecepatan program jika dibanding dengan program yang sama buatan bahasa lain, relatif lebih cepat…

kelebihan C++ mencakup semua kelebihan C namun dengan tambahan seperti misalnya yang utama penanganan kompleksitas dengan OOP

Kekurangan:

Salah satu kelemahan C++ adalah kurangnya library built in, sehingga untuk proses-proses tertentu kita harus membuat sebuah program nearly built from scratch, atau dari dasar sekali. Terlebih lagi bahasa C++ dewasa ini kurang begitu popular karena kita masih memikirkan pemrograman dari sisi mesin ketimbang memikirkan probis (proses bisnis) yang seharusnya menjadi tujuan kita.

  •  Pascal

Kelebihan bahasa pascal :
-Tipe data standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia bahasa pemrogaman. Pascal memiliki tipe data standar Boolean, integer, char, real, string.
-User defined data types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
-Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variable dan variable tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain format yang ditentukan.
-Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedur dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
-Sederhana dan ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

 Kekurangan bahasa pascal :
-Versi awal Pascal kurang cocok untuk aplikasi bisnis karena dukungan basisdata yang terbatas.
-Sintaks Pascal terlalu bertele-tele
-Tidak mendukung pemrograman berorientasi objek
-Pascal tidak fleksibel dan banyak kekurangan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang besar.

  •  Cobol

Kelebihan :

-Program COBOL dibuat dalam instruksi bahasa inggris, sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat.

– Program COBOL sesuai untuk pengolahan data yang banyak diterapkan pada permaslahan .

– Program COBOL sifatnya standard, sehingga dapat dipergunakan pada komputer-komputer yang berbeda, tanpa banyak perbedaan.

– Struktur program COBOL jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang seperti akuntan, auditor, atau manajer-manajer yang hanya mempunayai pengetahuan pengolahan data yang sedikit.

– COBOL menyediakan fasilitas Listing Program, bilamana perlu dapat diperiksa oleh orang lain selain programer.

– Mudah didokumentasikan dan dikembangkan bilamana perlu

– Problem Orientad Language

 

Kekurangan :

-Operasi masukan dan keluaran yang masih kaku

– Struktur penulisan program yang sangat kaku dan bertele-tele

  •  Basic

Kelebihan:

– Bahasa Basic tergolong bahasa serbaguna dan dapat digunakan di aplikasi apa saja.

 

Kekurangan:

-Bahasanya kurang terstruktur

– Tidak cocok untuk membuat aplikasi besar

– Sintaksnya penuh dengan GOTO yang menyesatkan

– Bahasa ini merupakan bahasa yang primitif di era DOS

  •  Prolog

Kelebihan :

-Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakanalgoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, Basic, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, makaprolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.

– Melakukan komputasi rumit pada data yang kompleks.

– Mengekpresikan algoritma dengan baik.

– Mengalokasikan memori secara dinamis sehingga programmer tidak harus mendeklarasikan ukuran sebuah struktur data sebelum membuatnya.

– Mengembangkan dan memodifikasi dirinya sendiri sehingga sebuah program dapat “belajar” melalui informasi yang didapat selama program dijalankan

– PROLOG mempunyai Automated Reasoning Procedure(Prosedur Sebab-Akibat Otomatis) yang disebut Inference Engine(Inference = proses pengambilan kesimpulan) yang sudah built-in didalamnya. Akibatnya, program yang menggunakan logika sebab-akibat jadi lebih mudah ditulis dalam PROLOG.

 

Kekurangan :

– Pemborosan dalam pengalokasian memory sehingga program berjalan menjadi lambat

  •  Phyton

Kelebihan :

– Tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan (link) sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan syste m aplikasi meningkat.

– Tidak ada deklarasi tipe sehingga program menjadi lebih sederhana, singkat, dan fleksible.

– Manajemen memori otomatis yaitu kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan kode

– Tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan system aplikasi menggunakan tipe objek yang telah ada

– Pemrograman berorientasi objek

– Pelekatan dan perluasan dalam C

– Terdapat kelas, modul, eksepsi sehingga terdapat dukungan pemrograman skala besar secara modular

– Pemuatan dinamis modul C sehingga ekstensi menjadi sederhana dan berkas biner yang kecil

– Pemuatan kembali secara dinamis modul phyton seperti memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya

– Model objek universal kelas Satu

– Konstruksi pada saat aplikasi berjalan

– Interaktif, dinamis dan alamiah

– Akses hingga informasi interpreter

– Portabilitas secara luas seperti pemrograman antar platform tanpa ports

– Kompilasi untuk portable kode byte sehingga kecepatan eksekusi bertambah dan melindungi kode sumber

– Antarmuka terpasang untuk pelayanan keluar seperti perangkat Bantu system, GUI, persistence, database, dll

 

Kekurangan:

-Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C.

– Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.

– Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.

– Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.

(http://jesikasebayang.blogspot.com/2010/11/macam-macam-bahasa-pemrograman-beserta.html)

  1. 3.      Macam-Macam Tipe Data
    1. Tipe data Integer / Ordinal adalah tipe data yang berupa bilangan bulat yang akan digunakan untuk operasi matematika.

Data yang termasuk integer, yaitu antara lain:

a. ShortInt : memiliki nilai range -128 sampai 127 (signed 8-bit)
b. SmallInt : memiliki nilai range antara – 32768 sampai dengan 32767 (signed 16-bit)
c. LongInt : memiliki nilai range -2147483648 sampai 2147483647 (signed 32-bit )
d. Int64 : memiliki range -263+1 sampai 263-1 (signed 64-bit)
e. Byte : memiliki nilai range 0 sampai 255 (unsigned 8-bit)
f. Word : memiliki nilai range 0 sampai 65535 (unsigned 16-bit)
g. LongWord : memiliki nilain range 0 sampai 4294967295(unsigned 32-bit )

2. Tipe data Boolean
Tipe data ini hanya terdiri dari nilai logika True dan False. Ada beberapa jenis dari tipe Boolean ini, yaitu:

a. Boolean : berukuran 1 byte (false 0, true 1)
b. ByteBool : berukuran Byte (false 0, true 255 – 8 bit)
c. Bool : berukuran Double (false 0, true -1)
d. WordBool : berukuran Word (false 0, true 65535 – 16 bit)
e. LongBool : berukuran Double (false 0, true -1)

3. Tipe data Floating Point /Real adalah tibe data yang meliputi bentuk bilangan desimal. Beberapa bentuk dari tipe data ini adalah:

a. Real : memiliki range 2.9 x 10-39 sampai 1.7 x 1038
b. Single : memiliki range 1.5 x 10-45 sampai 3.4 x 1038
c. Double : memiliki range 5.0 x 10-324 sampai 1.7 x 104392
d. Extended : memiliki range 3.6 x 10-4951 sampai 1.1 x 104392
e. Currency : memiliki range -922337203685477.5808 sampai 922337203685477.5808
f. Comp : memiliki range -263+1 sampai 263-1

4. Tipe Data Enumerated adalah tipe data berupa nilai urutan dari data yang telah dibuat.

5. Tipe data Sub Range adalah tipe data memungkinkan kita membuat range sendiri.

6. Tipe data String dan Character adalah tipe data yang merupakan rangkaian dari huruf, angka atau symbol yang tidak mengandung harga (nilai).

Beberapa tipe data string adalah sebagai berikut:
a. ShortString : Dapat menampung 255 karakter (ANSIChar)
b. AnsiString : Dapat menampung ~231 karakter (ANSIChar)
c. WideString : Dapat menampung ~230 karakter (WideChar)
d. String : Dapat menampung 255 karakter (ANSIChar)

Tipe data Character adalah tipe data yang berkaitan dengan karakter ( huruf, angka, symbol). Ada beberapa tipe data dari Character yaitu:

a. ANSIChar : Satu karakter ANSI
b. WideChar : Satu karakter Unicode
c. Char : Sama dengan ANSIChar

(http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/macam-tipe-data/)

  1. 4.      IDE adalah sebuah “layanan satu pintu” yang bisa digunakan oleh programmer untuk melakukan, desain, coding, debugging, dan kompilasi program dalam satu buah tool yang terintegrasi.
    Macam-macam IDE dalam visual   basic:
  • Menu bar, digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, yang terdiri dari menu file, edit, view, project, format, debug, run, query, diagram, tools, add ins, window, help
  • Main toolbar, merupakan shortcut untuk menu-menu yang sering digunakan pada menu bar.
  • Project, window ini berisi struktur tree dari project yang sedang dikerjakan. Berisi daftar form, module, class, activeX yang digunakan dalam membuat program aplikasi.
  • Form designer, window ini merupakan tempat untuk merancang user interface dari aplikasi.
  • Toolbox, window ini berisi komponen-komponen yang dapat digunakan untuk memperkaya user interface.
  • Code, window ini digunakan untuk menuliskan source code dari program.
  • Properties, window ini digunakan untuk melihat / mengedit sifat-sifat (properties) dari object yang sedang terpilih.
  • Color palette, adalah fasilitas untuk mengubah warna suatu object.
  • Form layout, window yang akan menunjukan tampilan form bersangkutan disaat runtime.

 

  1. 5.      komponen-komponen kontrol yang ada di ToolBox pada Visual Basic 2010:
  1. Pointer

Gunakan Pointer jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.

  1. Label

Untuk membuat teks seperti judul, dan sebagainya. Label tidak bisa di ubah-ubah oleh user.

  1. Frame

Untuk membuat sebuah bingkai.

  1. CheckBox

Untuk membuat kontrol pilihan, dimana kontrol ini terpilih jika di klik user.CheckBox dapat di pilih 1 atau lebih.

  1. ComboBox

Untuk membuat kontrol kombinasi antara TextBox dengan ListBox.

  1. HScrollBar

Untuk membuat Scrollbar secara horizontal.

  1. Timer

Untuk kontrol waktu.

  1. DirListBox

Untuk menampilkan direktori atau folder.

  1. Shape

Untuk membuat kotak, persegi panjang atau lingkaran.

  1. Image

Untuk membuat gambar.

  1. OLE

Untuk menghubungkan software lain ke form.

  1. PictureBox

Untuk menampilkan gambar di form.

  1. TextBox

Untuk membuat teks yang bisa di ubah-ubah oleh user.

  1. CommandButton

Untuk membuat tombol, seperti tombol OK, cancel, dan sebagainya terserah anda.

  1. OptionButton

Fungsinya sama seperti CheckBox, namun OptionButton hanya dapat di pilih 1 oleh user.

  1. ListBox

Untuk membuat daftar pilihan.

  1. VScrollBar

Untuk membuat Scrollbar secara vertikal.

  1. DriveListBox

Untuk menampilkan drive yang ada di komputer.

  1. FileListBox

Untuk menampilkan file-file.

  1. Line

Untuk membuat garis.

  1. Data

Untuk menghubungkan database ke form.

 

  1. 6.      Event driven programming adalah paradigma pemrogrman yang jalannya program ini  ditentukan oleh event / peristiwa  yaitu sensor keloaran atau tindakan pengguna ( mouse klik, tombol ) atau pesan dari program lain.

 (http://en.wikipedia.org/wiki/Event-driven_programming)

Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram danpengembang perangkat lunak untuk mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan.

(http://revoluthion.wordpress.com/2009/10/07/debugging-pengertian/)

Source code  adalah teks ditulis dengan menggunakan format dan sintaks bahasa pemrograman yang sedang ditulis masuk seperti bahasa dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan komputer programmer , yang menentukan tindakan yang harus dilakukan oleh komputer yang sebagian besar dengan menulis kode sumber, yang kemudian dapat secara otomatis diterjemahkan ke biner kode mesin yang komputer secara langsung dapat membaca dan mengeksekusi.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Source_code)

VCL (Visual Component Library) adalah visual komponen berbasis berorientasi objek kerangka kerja untuk mengembangkan Microsoft Windows aplikasi.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Visual_Component_Library)

variabel adalah nama simbolis diberikan kepada beberapa kuantitas yang dikenal atau tidak dikenal atau informasi, untuk tujuan yang memungkinkan nama yang akan digunakan secara terpisah dari informasi yang diwakilinya. Sebuah nama variabel dalam komputer kode sumber biasanya dikaitkan dengan lokasi penyimpanan data dan dengan demikian juga isinya, dan ini dapat berubah selama eksekusi program.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Variable)

 

 

 

Modul 1 Kelompok

TugasKelompokModul 1

Algoritma:

PROGRAMPembelianMeubel

 

DEKLARASI

jenis_meubel :string

 

ALGORITMA

read(jenis_meubel)

casejenis_meubel

‘kursi’  : write (“Rp 125.000,000”)

‘lemari’            : write (“Rp 225.000.00”)

‘meja’              : write (“Rp 135.000,000”)

‘meja serbaguna’: write (“Rp 550.000.00”)

endcase

 

 

Listing:

DimHarga_Kotor, Harga_BersihAs Integer

DimpotonganAs Integer = 0

Private Sub Form1_Load(By valsender AsSystem.Object, ByVale As System.EventArgs) Handles

MyBase.Load

With ComboBox1

.Items.Add(“kursi”)

.Items.Add(“lemari”)

.Items.Add(“Meja”)

.Items.Add(“meja serbaguna”)

End With

With ComboBox2

.Items.Add(“125.000”)

.Items.Add(“225.000”)

.Items.Add(“135.000”)

.Items.Add(“550.000”)

End With

End Sub

 

Private Sub ComboBox1_SelectedIndexChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles ComboBox1.SelectedIndexChangedComboBox2.Focus()

End Sub

 

Private Sub ComboBox2_SelectedIndexChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles ComboBox1.SelectedIndexChangedTextBox3.Focus()

End Sub

 

Private Sub Radio Button1_CheckedChanged(ByValsender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles RadioButton1.CheckedChanged, RadioButton2.CheckedChanged, RadioButton3.CheckedChanged

potongan = sender.text

End Sub

 

Private Sub Button_1Click(ByVal sender As System.Object, ByVal sender AsSystem.Object, ByVale AsSystem.EventArgs) Handles Button1.Click

DimdiskonAs Single

Dim total As Single

diskon = (ComboBox2.Text * TextBox3.Text * potongan) / 100

total = (Combobox2.Text * TextBox3 – diskon)

Textbox2.Text = Format(total, “#,#”)

End Sub

 

Private Sub Button3_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button3.Click

Close()

End Sub

 

FlowChart:

 

Modul 2 Individu

MODUL 2

Dasar Pemrograman Visual Basic 2010

  1. Pengertian operator dan penjelasan akan macam-macam operator tersebut adalah

Jawab:

Operator merupakan simbol yang menunjukkan operasi pada suatu nilai data dalam bahasa pemrograman.

Macam-macam operator adalah

  • Operator Logika

Operator ini menjelaskan tentang fungsi logika yang akan dipakai.

  • Operator Perbandingan

Operator yang membandingkan suatu data.

  • Operator Aritmatika
  • Mengolah data dengan menggunakan operasi-operasi aritmatika.

 

(http://world-if-programmer.blogspot.com/2010/80)

 

 

  1. Yang termasuk dalam looping adalah

Jawab:

  • While   End

Apabila kondisi bernilai benar pengulangan dijalankan

  • For       Next

Dipakai untuk pengulangan yang berurutan. Tetap menginput variabel yang digunakan  untuk mengetahui banyaknya pengulangan.

  • Do       While   Loop

Memerintahkan untuk melakukan perulangan apabila kondisinya benar.

  • Do       Until    Loop

Perulangan akan terus berulang apabila kondisi bernilai salah dan berhenti jika benar.

 

(http://njiee.blogspot.com/2008/12)

3.  Penjelasan akan source codenya adalah

Jawab:

Terdapat dua kondisi pada Combo Box1 yaitu lebih kecil “<” dan tidak sama dengan “<>”. Jika kita memilih kondisi lebih kecil “<” maka apabila kita menginput textbox1 dan textbox2 maka hasil dari textbox3 adalah textbox1 lebih kecil daripada textbox2. Apabila kita memilih kondisi “<>”, maka apabila kita telah menginput textbox1 dan textbox2 maka hasil textbox3 adalah textbox1 tidak sama dengan text box2.

 

4.  Yang dimaksud dengan

a. Looping : Proses untuk mengerjakan perulangan sampai kondisi yang ditentukan.

(http://wartawarga.gunadarma.ac.id)

b. Exception : kesalahan saat program dijalankan dimana menyebabkan gangguan saat eksekusi)

(http://ariefcute.blogspot.com)

c. Dim pada source kode VB.net :

Berfungsi untuk membuat variabel untuk mendeklarasikan nilai suatu data.

(http://startvbdutnet.com)

 

Modul 2 Kelompok

  1. Progam Nilai Akhir

Jika mendapat nilai 86-100 maka nilai akhir A

Jika mendapat nilai 71- 85 maka nilai akhir B

Jika mendapat nilai 61- 70 maka nilai akhir C

Jika mendapat nilai kurang dari 60 nilai akhir E

Deklarasi

n= real

nilai_akhir = string

Begin

Write(“masukkan nilai = “)

Read (n)

If n >= 86 and n <= 100 then

Nilai_akhir  «——-   “A”

Else

If n >= 71 and n <= 85 then

Nilai_akhir  «——-   “B”

Else

If n >= 61 and n <= 70 then

Nilai_akhir  «——-   ”C”

Else

If n >= 0 and n <= 60 then

Nilai_akhir  «——-   ”E”

Else

Nilai_akhir  «——-   ”Error”

Endif

Endif

Endif

Endif

End

 

  1. Analisis

Operator Prosedur adalah suatu perintah didalam listing program untuk menyimpan prosedur-prosedur yang memiliki fungsi yang berbeda agar prosedur tersebut dapat dipanggil dan digunakkan sewaktu-waktu. Listing Program pada contoh aplikasi operator prosedur pada modul 2 ini adalah tentang membuat program munculnya angka genap dan angka ganjil sebanyak jumlah pengulangan yang diinginkan. Call pada listing program berguna untuk memanggil prosedur yang telah disimpan dalam fungsi sub. Private sub button 2 merupakan fungsi close yaitu fungsi untuk keluar. Private sub button 1 merupakan tombol untuk proses. Loop berfungsi untuk melakukan pengulangan. If disini adalah kondisi jika angka dibagi 2 sisanya adalah 0 maka yang muncul adalah (“Angka” & angka & ”genap”) tetapi bila angka dibagi 2 sisanya tidak sama dengan 0 maka yang muncul adalah (“Angka” & angka & “ganjil”).

 

Modul 3 Individu

MODUL 3

  1. Keunggulan MySQL:

–          Merupakan program yang multi-thread, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multi-CPU.

–          Bekerja pada berbagai macam platform.

–          Memiliki system keamanan yang baik.

–          MySQL merupakan perangkat lunak yang free (gratis)

–          MySQL dan PHP saling terintegrasi.

(www.scribd.com/doc/53829211/19/keunggulan_MySQL)

  1. Jenis – jenis relasi pada Microsoft access

–          One-to-many relationship

Relasi dimana sebuah record suatu tabel (misalnya tabel x) dapat sesuai dengan beberapa record pada tabel lain (missal tabel y) tetapi sebuah record tabel y hanya serasi dengan satu record tabel x.

–          Many-to-many relationship

Relasi dimana sebuah record tabel x dapat bersesuaian dengan beberapa record dalam tabel y dan begitu juga sebaliknya dengan bantuan perantara tabel.

–          One- to-one relationship.

Relasi dimana sebuah record dalam tabel x dapat bersesuaian dengan sebuah record dalam tabel y dan sebaliknya.

(http;//deni.ibs.ac.id/~deni/aplikan/HandOut10-Access.pdf)

  1. Cara mengkoneksikan database ke VB net
    1. Buka VB net
    2. Lalu buat form
    3. Lalu ubah nama data gridview I menjadi GDV
    4. Buka jendela coding dan tulis coding berikut

Imports system.Data.oleDb

Public class tampil grid

Dimconn as oleDb data connection

Dimda as oleDb Data Adapter

Dim ds as dataser

Subkoneksi c)

Str =”provider = Microsoft.set.oleDb40)data source

Conn = New oleDbConnection (str)

If connstate = connectionstate crossed then conniover o

End sub

Privatsub tampil gride.body (by val sender as system object, by val as system event args)

Koneks C)

Da= new oleDb data Adapter (“select from barang”,conn)

As = new dataset

As.clearc)

Da.fill(ds”barang”))

End sub

End class

(www.konsultasiVb.com/net)

 

 

  1. –  Tabel adapter: kelas unit yang dihasilkan secara otomatis oleh VB 2005 express untuk bekerja dengan field/objek yang dipilih

(http://book.google.co.id/books)

 

–          Primarykey : suatu kolom pada tabel yang berisi kolom dan baris pada tabel tersebut. Berguna untuk menampilkan record hasil pencarian, pengurutan, dan proses penampilan data berlangsung lebih cepat.

–          (terusbelajar.wordpress.com)

–          Foreign key : kumpulan field pada suatu relasi yang menunjukkan suatu baris yang terdapat pada relasi lain.

–          (ijongblue.blogspot.com)

–          Database: Kumpulan informasi yang disimpan secara berurutan sehingga dapat dicek menggunakan suatu program computer untuk memperoleh informasi dari baris data tersebut.

(http://id.wikipedia.org/wiki/database)

 

–          DBMS : Software, Hardware (perangkat keras), firmware dan prosedur- produser yang memanage database.

(wildanfaizzami.wordpress)

 

–          RDBMS : Suatu paket software yang kompleks digunakan untuk memanipulasi basis data (database)

(ebookbrowse.com)

 

  1. Macam- macam DBMS

–          MySQL

Suatu software (perangkat lunak) system manajemen basis data SQL atau DNMS yang multi thread.

–          ORACLE

DBMS yang paling ribet dan paling mahal di dunia. Dipakai untuk mengelola informasi secara terbuka dan terintegrasi.

–          FIREBIRD

Atau fire bird SQL merupakan system manajemen basis data relasional yang didalamnya menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standard ANSI SQL-99 dan SQL-2003.

(http://rianzii.wordpress.com)

 

Modul 3 Kelompok

Review Jurnal Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi

 

PT. Jasapura Angkasa Boga merupakan perusahaan layanan jasa boga pesawat udara yang melayani beberapa usaha jasa boga. Organisasi ini menggantungkan diri pada sistem informasi untuk berkompetisi. Karena banyaknya jenis usaha  yang dilakukan oleh perusahaan ini maka diperlukan sistem akuntansi yang efektif dan efisien agar dapat diperoleh laporan keuangan yang akurat untuk pengambilan kebijakan. PT. Jasapura mempunyai modul-modul untuk membantu pencatatan laporan keuangan yang diperlukan. Namun karena belum berintegerasi secara menyeluruh maka diperlukan suatu sistem informasi akuntansi yang merupakan sistem aplikasi terkomputerisasi yang dapat mengolah keuangan perusahaan secara menyeluruh. Sistem yang dibangun tersebut dapat melakukan pengelolaan data hutang dagang,piutang dagang,penjurnalan, pengelola buku besar,pembuatan laporan keuangan. Sistem tersebut dapat megatasi masalah yang terkait dengan struktur tabel basis data, dimana tabel- tabel yang ada telah melaui proses normalisasi sehingga dapat meminimalisir terjadinya pengurangan data. Pengelolaan buku besar meliputi: Chart of Account, General Journal, Adjustment entries Journal, General Ledger, Financial Statement Generation dan Open New Periode.

Bagian dari proses dalam Account Receivable: Invoicing, Invoice Account Set Up, Account Receivable Journal. Sedangkan Bagian dari proses dalam Account Payable yaitu: List of Purchase Order, RR Invoicing, Account Payable Journal, AP Aging, Payment Requisition Form, dan Payment Journal.

Proses Financial Statement: Trial Balance, Income Statement dan Balance Sheet. Sistem ini telah menggunakan struktur tabel translasi yang ternormalisasi, serta menyimpan data transaksi 1 tahun dalam tabel. Sistem ini menggunakan dua database sehingga dapat menjaga kecepatan dalam pencarian data dan mampu melakukan data keuangan secara multu currency.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s